Sabtu, 21 Maret 2009

Kompas.com II


Tahun Kunjungan Jambi Paling Cepat 2012

Jambi, Kompas - Infrastruktur dan sarana penunjang pada hampir semua obyek wisata di Jambi masih jauh dari memadai. Kalangan praktisi pariwisata menilai, Jambi butuh setidaknya tiga tahun lagi untuk merealisasikan tahun kunjungan wisata. Memaksakan pencanangan kunjungan wisata pada tahun ini hanya akan membuat wisatawan kecewa.

Demikian dikemukakan Ketua Himpunan Pemandu Wisata Indonesia Guntur dan Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Indonesia Ali Siwon di Jambi, Kamis (8/1).

”Segala sarana pendukung masih sangat minim. Obyek wisatanya pun tak dikemas supaya lebih menarik. Jadi, apa yang dapat dilihat di Jambi,” ujar Guntur.

Guntur memperkirakan kunjungan ke Jambi rata-rata hanya 4.000 orang per tahun. Itu pun lebih banyak kunjungan karena urusan bisnis, bukan khusus berwisata. Wisatawan yang setibanya di Jambi kemudian tidak tahu harus ke mana karena banyak obyek wisata sulit dicapai, tak ada transportasi reguler, jalan rusak, dan persoalan lainnya.

Guntur yang meneliti persoalan kepariwisataan di Jambi menelusuri semua obyek wisata, mulai dari ujung timur, yaitu Pulau Berhala, hingga ke ujung barat, yaitu Kerinci, akhir tahun lalu.

Dari penelusurannya, Guntur menyimpulkan hampir semua obyek wisata memiliki keterbatasan. Wisatawan sulit mencapai Pulau Berhala dan Situs Muara Jambi karena tidak ada transportasi reguler yang dapat mengantar mereka ke objek wisata tersebut. (ITA)


Taken From : http://m.kompas.com/index.php/news/read/data/2009.01.10.00085076

Tidak ada komentar:

Posting Komentar